bordir

bordir adalah salah satu bentuk dari seni menyulam. Namun tekhniknya lebih praktis dan modern. Alat yang digunakan adalah mesin bordir seperti yang di bawah ini:


Mesin jenis ini adalah jenis yang tidak terlalu modern namun juga tidak terlalu tradisional. Cara menggunakannya cukup mudah, seperti halnya menjahit baju, namun perlu tekhnik keluwesan tangan. Sistemnya adalah kombinasi antara pedal mesin pada kaki, pedal pada paha, dan tekhnik tangan dalam meggerakan pemidang.
jika dibandingkan dengan mesin bordir yang modern, misalnya mesin bordir komputer, mesin jenis ini memang terlihat banyak kekurangannya. Namun jangan salah, ternyata tak sedikit pula keuntungan yang diperoleh:

  1. Jika menggunakan mesin bordir komputer maka akan memerlukan modal awal yang sangat besar, karena harga dari mesin tersebur berkisar antara 30 juta. Sedangkan mesin yang di atas hanya dibutuhkan modal awal untuk membeli mesin ini hanya sekitar 2 juta-an. Bisa dibayangkan  berapa uang modal yang bisa disisihkan untuk membeli keperluan yang lain.
  2. Mesin bordir yang di atas masih dioperasikan dengan manual, tapi sudah cukup cepat menyelesaikan pesanan-pesanan bordir yang ada. Karena manual tersebut, hasil yang dihasilkan bisa lebih variatif dan kreatif.
  3. Karena harganya yang lebih murah, tarif yang dikenakan untuk pelanggan bordir menjadi relatif terjangkau. Maka dari itu usaha bordir yang mnggunakan mesin seperti di atas tersebut masih banyak diminati.
Ok guys..that's all.

posted under |

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About Me

Foto saya
Nceb's Bordir Sentra Bordir Desa Bringin Kec.Badas-Kediri jl. Tabrani no.55

Leave Comment

Followers

Improve ur 'Bordir' art here

Recent Comments